6 MANFAAT UNTUK BALITA SERING DIBACAKAN BUKU HALO BALITA

Tahukah kamu bahwa minat baca Indonesia hanya 0,01%? Artinya hanya 1 dari 1000 orang yang suka membaca buku. 


Menurut penelitian PISA bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-62 dari 70 negara dengan responden anak-anak berumur 15 tahun. Indonesia masih unggul dibanding Brazil tetapi dibawah Yordania. 


Baca artikel selengkapnya di https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini


Sedih ga sih moms?


Aku sebagai salah satu orang tua di negara Indonesia jadi ikut sedih apalagi semenjak social media dan internet menjadi hal yang dicari oleh masyarakat Indonesia dibanding buku.


Sebenarnya sewaktu kecil hingga SMP, aku suka sekali membaca komik dan novel cinta. Biasanya ketika liburan aku dan ibuku suka pergi ke Gramedia untuk memilih buku atau sekedar membaca buku disana.


Semenjak kenal handphone ketika SMA rasanya aku sudah melupakan hal yang indah tentang membaca buku alhasil aku mulai nyaman dengan apa yang ada di handphone seperti ketika hp BB menjadi salah satu yang diminati oleh anak muda.. Saat itu sangat mudah sekali untuk chat via BBM (Blackberry Messenger). Semakin kesini social media pun semakin banyak dan menjadi lebih menarik daripada buku.


Keasyikan dengan dunia sosial media membuatku bisa berlama-lama dengan handphone. Ketika aku lelah mengasuh anak biasanya langsung segera mengambil hp untuk sekedar melihat instagram atau nonton drakor 🤭


Dihati serasa ada yang hilang...


Bangun pagi kemudian ngurus anak sebentar dan berangkat kerja. Sepulang kerja main dengan anak sampai jam tidurnya kemudian tidur. Ketika weekend akupun biasanya hanya mengajak anakku pergi ke mall atau ke playground saja. 



Minimnya informasi mengenai hal apa yang membuat aku dan anakku bisa melakukan aktivitas yang bermanfaat dan mengasah motorik dan sensorik anak sekaligus memperkuat bonding antara aku dan anakku akhirnya membuat aku harus mulai bergerak. Mulai mencari komunitas ibu-ibu khususnya yang mempunyai anak seumuran dengan anakku dan menambah teman dengan sesama ibu-ibu dengan saling follow di instagram..


Kemudian ada satu temanku yang membuat aku tertarik melihat feed instagramnya karena beliau sangat suka sharing mengenai kegiatan bermain dengan anaknya dan mainan tersebut dibuat langsung dari tangannya 😍

Beliau juga membuat aktivitas bermainan dengan buku favoritnya.


Dan saat aku melihat dihatiku berbisik "ini temenku kok kreatif banget beda sama aku 🤣"

Lambat laun akupun semakin penasaran dengan aktivitas-aktivitas setiap harinya. Dan ketika ia bermain dengan anaknya, anaknya pun bisa anteng bermain sambil membaca buku.


Aku pun takjub dan mulai bertanya mengenai buku. Pertanyaan pertama ku ke dia adalah "Emang anak kecil bisa ngerti dibacain buku?" Karena aku saja mulao membaca buku dari SD. Itupun buku komik :D


Lalu ia menceritakan manfaat membacakan buku pada anak sejak dini seperti :

1. Menambah kosakata anak 

2. Meningkatkan ketrampilan komunikasi

3. Melatih kemampuan berfikir logika

4. Mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak

5. Membangun hubungan erat dengan orang tua

6. Menumbuhkan minat baca anak


Indera pendengaran adalah indera pertama yang Allah kasih saat si utun ada di dalam perut mu, Ibu..


Omongan ibu, ayah atau siapapun yang didekat perut ibu akan terdengar oleh si bayi didalam perut. Masya allah.


Jadi, ketika bayi dibacakan bukupun sebenarnya :

bayi mendengar,

Bayi belajar,

dan Bayipun jadi memahami..



Akhirnya aku tergerak untuk membeli buku Halo Balita produk dari Mandira Dian Semesta. Ketika itu anakku usia baru 1 tahun jadi aku mendapatkan rekomendasi buku ini adalah buku BEST SELLER yang biasa digunakan balita hingga usia 7 tahun untuk belajar kemandirian, moral dan self healing nya.


Kenapa Halo Balita?




1. Buku nya BOARDBOOK yang anti air, anti robek, anti badai. Kalau tercoret pun masih bisa dihapus pakai tissue basah atau minyak telon.



2. Ada puppet yang bisa dipakai untuk bercerita Read Aloud. Mereka bernama Sali, Saliha dan Kumi. 



3. Terdapat buku Hello Kids yaitu 25 buku Halo Balita diceritakan kembali dalam bahasa Inggris dan buku Panduan Orang tua agar orang tua bisa membacakan buku dengan terarah.




3. Punya 3 jilid yaitu Jilid Kemandirian, Jilid Nilai dan Jilid Spiritual.


JILID SELF HELP


JILID VALUE


JILID SPIRITUAL


4. Setiap buku diawali dengan bacaan Basmalah dan di akhir cerita dengan bacaan Hamdalah.



5. Ada fitur flip nya di bagian akhir setiap buku.





6. Bisa dipakai dengan E-pen.

E-pen khusus dipakai untuk buku Halo Balita, Wow Amazing Series dan Confidence in Science 1 dan 2 ya. Aku juga saranin pemakaian E-pen ini untuk anak usia 3.5 tahun untuk mengurangi screen time.

Fungsi E-pen membantu anak mendengarkan cerita yang ada di buku



Halo balita adalah buku yang menggunakan metode Long Life Learning jadi diharapkan Moms semua mempunyai 1 paket ini karena dengan metode ini anak diajarkan konsisten dengan si karakter nya. Selain itu, buku ini saling  berkesinambungan dalam mengajarkan self help, value dan agama pada diri anak. Bukunya pun banget karena punya ku sudah 2 tahun masih bisa dipakai karena buku ini cocok untuk anak mulai usia 0 tahun hingga 7 tahun.


Buat para mom yang ingin membeli Buku Halo Balita bisa check di checkout di Shopee Queenaruby.id atau ikut Arisannya ya. Boleh hubungi Mommy Blue di +6281398000992. Atau bisa intip aneka buku anak-anak di instagram @queenaruby.id ya 💙

11 komentar

  1. Masyaallah bagus banget bukunya 😍

    BalasHapus
  2. trimakasih banyak infonya akak, kebetulan aku juga mau nularin hobi baca buku ke anak dan lagi cari2 buku bacaan yg pas..

    BalasHapus
  3. Mbak makasih banget infonya , mau coba cek harganya dulu deh. lumayan buat bermain sambil belaja4 sqma toodler dirumah

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak nisa infonya. Seru banget sih kalau punya, rekomen buat dibeli apalagi banyak manfaatnya

    BalasHapus
  5. Menarik banget ini lengkap isinya, anak anak pasti gak bosen buat baca cerita nya. Harus banget cek instagram nya buat liat detail lengkap buku-buku nya

    BalasHapus
  6. Buku kaya gini yg wajib punya. Buku isi banyak edukasi yg desainnya disukai anak

    BalasHapus
  7. Bagus banget bun, ada boneka tangan yang bisa jadi model bergerak pas cerita bareng si kecil. Bukunya juga aman dan kelihatan berkualitas. Mau beli, tapi kayaknya kudu nabung kalau mau komplit ya ....

    BalasHapus
  8. Eh, lucu banget dong bukunya. Kayaknya aku pernah lihat buku ini deh di rumah sepupuku yg punya baby, beneran lucu banget. Aku aja seneng bacanya, apalagi anak-anak.

    BalasHapus